Pages

Sabtu, 20 Februari 2016

Sejarah Olahraga Paintball di Indonesia

Sejarah Olahraga Paintball di Indonesia, Anda mungkin saja telah tak asing dengan tokoh fiksi karya Hollywood bernama Rambo, sosok individualis yang mampu menaklukkan berkompi-kompi pasukan musuh seseorang diri. Atau familiar dengan film seperti Tur of Duty, Black Hawk Down atau Behind Enemy Line. Rangkaian film-film yang mengetengahkan tema perang. Bahkan juga bila Anda laki-laki, terasa bermain perang-perangan yaitu yang tidak asing waktu masih tetap bocah dahulu. Lantas bagaimanakah bila hoby itu masih tetap terbawa sampai dewasa, atau Anda punya mimpi jadi Rambo yang kekar itu? Tak perlu cemas, saat ini, mimpi itu dapat Anda mewujudkan berbentuk berolahraga extreme nan mengasikkan bernama Paintball.


Awalnya Sejarah Paintball di Indonesia yaitu sisi dari aktivitas ekstrim Outdoor yang cuma dikira juga sebagai rekreasi keluarga saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, aktivitas ini jadi berolahraga yang banyak di senangi bukan sekedar kelompok pria, ataupun wanita yang ada di semua dunia serta sukses mencapai urutan ke tiga juga sebagai berolahraga paling popular yang di senangi orang-orang sesudah skateboard serta wall climbing.

Permainan paintball ini pertama kalinya di populerkan di Amerika pada th. 1970, di mana James Hale dari Daisy Manufacturing bikin alat pertama yang keluarkan bola cat atau paintball yang di pakai untuk menandai pohon serta hewan ternak. Lalu dengan sedikit pengembangan sebagian orang mulai memakai alat ini untuk main perang – perangan juga sebagai salah satu rekreasi di perternakan.

Permainan antar tim pertama kalinya di kerjakan di Amerika pada bln. Mei th. 1981. awalannya paintball ini masih tetap diragukan keselamatannya oleh orang-orang, tetapi sesudah diselenggarakan eksperimen di lapangan tembak polisi serta disaksikan oleh hakim, pada th. 1988 pada akhirnya paintball dinyatakan bukanlah termasuk juga senjata api. Hal semacam itu bikin paintball semakin berkembang hingga banyak juga lapangan paintball yang mulai dibuka untuk umum.

Bukan sekedar di Amerika saja, permainan Paintball ini juga mulai tumbuh di negara – negara lain di Eropa seperti Inggris, Perancis serta Denmark. Pada th. 1992 terbentuklah NPPL (National Professional Paintball League) yang mengadakan NPPL Pro-Am Series di negara – negara sisi di Amerika.
Berolahraga paintball ini dapat bikin kita terasanya jadi seseorang tentara sebenarnya. lantaran berolahraga ini dimainkan dengan memakai senapan yang pelurunya berbentuk bola – bola tinta warna – warni. di mana satu senapan diisi 20 butir peluru. diluar itu beberapa peserta paintball juga menggenakan baju loreng – loreng seperti beberapa tentara, masker, serta pelindung tubuh agar situasi peserta painball terus terlindung sepanjang lakukan berolahraga paintball ini.

Tinta yang dipakai untuk peluru paintball ini tak memiliki kandungan toksin, hingga aman untuk kesehatan kita. Diluar itu bila noda tinta tentang tubuh atau badan kita masih tetap dapat di bersihkan dengan air serta sabun hingga tak perlu terasa cemas apabila noda paintball bakal menempel selalu pada badan kita.
Diluar itu untuk kelancaram permainan paintball sudah dibuat “District-9”yang spesial di untuk buat mengatasi permasalahan paintball. Hal semacam ini menunjukkan bahwa NPPL sangatlah peduli dengan keselamatan beberapa peserta paintball. Diluar itu NPPL mau memberikan profesionalitas mereka dalam tiap-tiap “produk” yang mereka bikin.

Paintball ini dapat di kerjakan di dua tempat yakni di medan permainan alami atau buatan bergantung keinginan peserta. Untuk yang dialam masih tetap dengan seni bertempur ala tentara, baju loreng, mengendap-endap, hit and run dengan perlindungan benda – benda atau tumbuh tumbuhan yang ada dialam.

Sedang untuk medan permainan paintball yang buatan mempunyai tempat lapangan dengan rumput yang diset spesial untuk permainan, baju warna warni, serta tehnik berperangpun dapat dilihat seperti berolahraga yang lain.

Saat permainan paintball ini dari mulai 20 menit sampai 40 menit. Waktu saat istirahat tiba beberapa peserta paintball ini dapat dengarkan narasi yang menarik serta menyengakan dengan ditemani makanan ringan atau minuman hingga saat istirahat usai.

Di Indonesia sendiri paintball pertama kalinya dibuka di pulau Bali juga sebagai fasilitas rekreasi, lalu pada th. 1996 Brigade 334 mengenalkan paintball ke pulau Jawa dengan buka tempat pertama di Gunung Putri Bogor, yang di teruskan di Alam Sutera di Serpong Tangerang, Commando Patriot di Bandung, sampai ke Stage paintball di Medan. Serta untuk sekarang ini berolahraga paintball telah mulai merambah ke Kalimantan serta Sulawesi.

So… untuk beberapa pembaca yang mau coba berolahraga ekstrim ini dapat datang ke Garut serta menghubungi admin situs (blog Paintball Garut) ini atau segera kirim e-mail ke alamat paintballdigarut@gmail. com

0 komentar:

Poskan Komentar